Simak Cara Belajar Membaca Al-Qur’an Untuk Pemula yang Mudah

 

Belajar membaca Al-Qur’an akan lebih baik jika dimulai sejak dini. Sebab, mempelajari Al-Qur’an terbilang tidak mudah. Jika sudah terlanjur dewasa, maka akan sangat sulit untuk meluangkan waktu guna membaca Al-Qur’an. Oleh karena itu, membaca Al-Qur’an harus dibiasakan sejak masih usia dini.

 

Belajar Membaca Al-Qur’an Dengan Mudah

Apabila anda sudah terlanjur dewasa dan belum bisa membaca Al-Qur’an, tidak perlu merasa kesulitan atau minder. Bagi seorang muslim, membaca Al-Qur’an merupakan sebuah kewajiban. Sehingga anda bisa belajar untuk membaca Al-Qur’an mulai dari sekarang.

  1. Mempelajari Huruf Hijaiyah dan Hukum Bacaan Terlebih Dahulu

Jika anda ingin mempelajari Al-Qur’an, maka langkah pertama yang bisa dilakukan adalah mempelajari huruf hijaiyah. Huruf hijaiyah bisa dikatakan sebagai huruf alfabet atau abjad dalam bahasa Arab. Setelah mempelajari huruf hijaiyah, maka langkah selanjutnya adalah mempelajari tanda baca dan hukum bacaannya.

Tanda baca dan hukum bacaan sangat penting jika ingin mempelajari cara belajar membaca Al-Qur’an. Sebab, hukum bacaan nantinya mempengaruhi pengucapan dari huruf hijaiyah yang dibaca. Hukum bacaan dan tajwid diibaratkan sebagai grammar dalam bahasa Arab.

Dalam membaca Al-Qur’an, tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Sehingga membaca Al-Qur’an harus dilafalkan dengan baik dan benar. Ada banyak hukum tajwid yang nantinya akan ditemui ketika belajar membaca Al-Qur’an. Diantaranya adalah Idzhar, Iqlab, Idgham, Ikhfa, dan masih banyak lagi.

  1. Meluangkan Waktu Untuk Membaca Al-Qur’an

Cara membaca Al-Qur’an yang selanjutnya adalah meluangkan waktu untuk membaca Al-Qur’an. Belajar Al-Qur’an tidak bisa ditempuh dalam waktu singkat. Oleh karena itu, anda perlu meluangkan waktu khusus untuk membaca Al-Qur’an. Akan lebih baik jika anda memiliki guru pembimbing untuk membaca Al-Qur’an.

Anda bisa meluangkan waktu selama beberapa jam dalam sehari. Jika memiliki pembimbing, maka waktu belajar akan lebih teratur. Jika belajar secara otodidak, maka jadwal untuk belajar harus diatur dengan benar.

  1. Belajar dengan Sungguh-Sungguh

Proses pembelajaran tidak ada yang ditempuh secara instan. Banyak proses yang harus dilalui, begitupun dengan belajar membaca Al-Qur’an. Hal yang perlu ditanamkan dalam diri adalah niat dan belajar secara sungguh-sungguh. Tetap berusaha dan selalu belajar agar lebih paham tentang cara membaca Al-Qur’an.

READ  Sarana dan Prasarana ini Harus Ada Jika Akan Membeli Rumah

Jika saat ini masih terbata-bata, maka tidak perlu berkecil hati. Sebab, jika dilatih dengan konsisten, maka pelafalan Al-Qur’an akan lancar dengan sendirinya. Bahkan penguasaan hukum bacaan juga akan fasih dengan sendirinya jika sering dilatih untuk membaca Al-Qur’an.

  1. Belajar Secara Konsisten

Meskipun sudah bisa membaca Al-Qur’an, namun bukan berarti sudah fasih. Akan lebih baik jika anda tetap meneruskan pembacaan Al-Qur’an. Dengan begitu, anda akan lebih sering membaca Al-Qur’an dan pelafalan menjadi lebih sempurna.

Apabila anda ingin belajar membaca Al-Qur’an, maka cara diatas dapat dijadikan referensi.  Anda dapat belajar alquran online atau offline dengan mendatangkan guru ngaji. Anda tidak perlu merasa malu jika belum bisa membaca Al-Qur’an. Jika sudah ada niat, maka bisa langsung mempelajari dari yang dasar yaitu huruf hijaiyah.