Kelebihan Menggunakan Lantai Keramik

Bahan keramik sebagai plat lantai memang lazim digunakan pada perumahan-perumahan masa kini. Mudahnya aplikasi serta beragam variasi yang bisa disesuaikan dengan selera. Tidak hanya itu, selain memiliki jenis keramik polos seperti porselin, dengan kemajuan industri manufaktur, keramik sekarang memiliki beragam motif bahkan disa dilakukan kostumisasi.

Oleh karena itu keramik sudah menjadi favorit banyak orang seperti pemilik bangunan atau kontrakrir termasuk juga mungkin Anda yang membaca artikel ini. Untuk lebih mengenal lebih jauh mengenai keramik dan apa saja kelebihan dari keramik, Anda bisa membaca ulasan di bawah ini.

Keramik

Secara etimologi, keramik diambil dari bahasa yunani “Keramos” yang jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia artinya tanah liat. Keramik juga bisa merujuk kepada benda-beda yang terbuat dari tanah liat. Sehingga dahulu keramik sering diidentikan dengan benda yang terbuat dari tanah liat yang melalui proses pemanasan seperti tembikar.

Pada zaman modern ini, keramik tidak hanya diidentikan dengan tanah liat. Keramik meliputi semuai barang hasil olahan dari bahan galian anorganik dan non-logam yang mengalami proses pemanasan tinggi. Hingga porselin, teraso, marmer, geranit alam, tembikar, gerabah dan banyak lagi juga bisa disebut sebagai keramik.

Tidak hanya dijadikan sebagai plat lantai, keramik juga diolah menjadi berbagai olahan lain seperti karya seni, peralatan makan dan minum, ornamen dan banyak lagi.

Kelebihan Lantai Keramik

Setelah Anda mengenal keramik, sekarang kita akan membahas kelebihan keramik sebagai material untuk plat lantai rumah yang kami lansir dari situs jasa bangun rumah Jogja.. Beberapa kelebihan lantai keramik yaitu:

  1. Memiliki Daya Tahan Cukup Tinggi

Dengan perawatan yang baik, keramik bisa bertahan hingga 10 sampai 20 tahun. Keramik sendiri memiliki kepadatan yang cukup solid. Selain itu keramik memiliki ketahanan terhadap kelembapan dan suhu panas. Hal ini membuat keramik tidak mudah mengalani kerusakan. Hanya saja Anda harus memperhatikan pemasangan keramik. Untuk membuat keramik yang tahan lama diperlukan pemasangan yang presisi.

  1. Memiliki Fungsi Dekoratif

Seperti yang dibahas pada paragraf sebelumnya, keramik memiliki beragam variasi mulai dari jenis, motif, ukuran, tekstur hingga harga. Dengan begitu, Anda bisa memanfaatkan keramik untuk mempercantik desain interior dari rumah Anda. Anda bahkan bisa mereflesikan diri Anda dengan keramik yang memiliki motif tertentu.

  1. Mudah dalam Perawatan

Keuntungan lainya dari menggunakan lantai keramik adalah mudahnya dalam perawatan. Keramik lantai cenderung mudah untuk dibersihkan. Hal ini karena debu-debu dan kotoran tidak bisa menempel dengan mudah di atas keramik. Untuk menjaga keramik agar tetap terawat, Anda hanya perlu membersihkan dengan rutin seperti menyapu lantai keramik atau divakum, kemudian di pel menggunakan kain basah.

Untuk keramik yang dipasang pada ruangan tertentu misalkan pada kamar mandi, Anda harus melakukan perawatan ekstra. Hal ini dikarenakan lumut-lumut bisa dengan mudah tumbuh di tempat yang lembab. Anda hanya perlu rajin-rajin untuk menyikat sela-sela dari plat keramik yang biasanya ditumbuhi lumut. Hal ini untuk membuat keramik bisa lebih tahan lama serta membuat lantai keramik tidak licin yang dapat menyebabkan kecelakaan.

Inilah dia beberapa kelebihan dari lantai keramik. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.