Jenis Pupuk Rumput Gajah Mini Agar Lebih Subur

Jenis Pupuk Rumput Gajah Mini Agar Lebih Subur

Rumput gajah mini merupakan jenis rumput yang memiliki bentuk memipih bertumbuh dengan memanjangkan daunya kesamping. Rumpu jenis ini sangat cocok untuk menutupi permukaan tanah pada halaman. Gajah mini ini sangat tidak dianjurkan untuk digunakan pada lapangan olahraga karena daunya licin terutama pada saat pagi hari terkena embun

Rumput gajah mini merupakan tumbuhan yang termasuk dalam tanaman hias. Tentunya rumput ini harus dirawat agar terlihat lebih subur dan sempurna dengan menggunakan pupuk pilihan terbaik. Berikut ini adalah jenis pupuk rumput gajah mini agar lebih subur.

Jenis jenis pupuk rumput gajah

1. Pupuk organik

Pupuk merupakan makanan utama pada tanaman rumput dan pupuk organik terbuat dari bahan organik yang membuatnya lebih sehat tanpa efek samping lainya. Jangan berikan pupuk kandang atau kompus yang masi segar karena dapat membunuh tanaman.

Penaman rumput gajah mini ini sama dengan halnya menanam padi, butuh pola dan jarak yang teratur. Bila rumput tumbuh dengan sangat subur maka tugas anda selanjutnya adalah memangkasnya, gunakan mesin potong rumput agar lebih meringankan pekerjaan anda.

2. Pupuk NPK

Pupuk NPK merupakan pupuk yang terdiri dari 3 unsur hara makro utama yaitu Nitrogen dengan singkatan N, Phospat dengan singkatan P, Kalium dengan singkatan K . pupuk npk ini memiliki hasil yang berbeda beda sesuai dengan masa perkembangan tanaman.

Pupuk NPK ini digunakan pada saat rumput gajah berusia 10 sampai 14 hari setelah ditanam, dengan cara mencampurkan satu gelas air NPK dan di larutkan dengan 20 sampai 25L air sumur, lalu disiram pada sela rumput dengan menggunakan gembor bunga. pada saat interval 3 sampai 5 hari akan terlihat pertumbuhan yang pesat pada tanaman rumput gajah muda tersebut.

3. Pupuk organik cair

Ini adalah pupuk organik cair, pupuk cair ini biasa dijual ditoko pertanian dengan harga yang bermacam macam. Pupuk organik cair ini memiliki kandungan nutrii yang sangat lengkap dan banyak yaitu mengandung unsur hara makro hingga unsur hara mikro bahkan terkadang ada yang ditambahi dengan Zat Pengatur Tumbuh maupun mikroorganisme pengurai.

READ  Fitur Pada Mesin Cuci Panasonic

Cara menggunakan pupuk ini sangat gampang hanya perlu mencapurkanya dengan air lalu disemprotkan pada daun rumput gajah mini. Pemupukan ini baik dilakukan ketika sore hari agar nutrusi yang menguap. Rumput gajah mini akan melihatkan perubahan setelah 1 sampai 2 hari pemakaian dapat menghijau dan daunya yang mulai banyak.

4. Asam humat

Asam Humat adalah zat yang berfungsi untuk menurmalisasi kesuburan pada tanah. Tanah yang subur adalah kunci urama untuk pertumbuhan tanaman terutama pada tanah yang mengandung asam humat. Asam humat ini memiliki unsur hara dalam tanah yang terikat dan tidak mudah terbawa air.

Dengan manffat yang sangat banyak ini asam humat memiliki nilai yang cukup tinggi, tapi untuk memupuk rumput gajah tidak menggunakan pupuk jenis ini dengan banyak. Pupuk ini juga mampu menghancurkan unsur hara keras sehingga tanah menjadi gembur dan subur. Cara menggunakan pupuk ini sebaiknya dicampurkan denfan pupuk NPK lalu berilah pada sela sela rumput.

Demikianlah jenis pupuk rumput gajah mini agar lebih subur. Semoga dapat menambah wawasan kita semua.