Jenis Jenis Kain Untuk Membuat Baju seragam

Jenis Jenis Kain

Jika Anda kebingungan mencari informasi ragam jenis jenis kain dan bahan untuk seragam, Anda bisa memilih beragam jenis bahan yang bisa digunakan untuk pembuatan seragam sesuai kebutuhan, diantaranya:

  • Katun

Jenis bahan yang satu ini termasuk jenis bahan yang paling sering digunakan sebagai bahan seragam dengan desain sederhana. Kain katun dipilih karena sifat kain yang mudah menyerap keringat, tidak mudah kusut, dingin saat dipakai, dan mudah dikenai sablon maupun bordir. Hanya saja untuk perawatan produk, jenis kain yang satu ini mudah robek setelah melalui proses pencucian berulang kali.

  • Japan drill

Apabila Anda ingin membuat beberapa seragam yang tahan lama dan tidak mudah robek, Anda bisa memilih bahan japan drill, terlebih saat ingin membuat seragam PDH, PDL, atau jaket almamater. Bahan japan drill ini memiliki karakter serat tebal, warna cerah, cukup menyerap keringat, dan bisa dikombinasikan dengan bordir model apapun.

  • American drill

Jenis kain American drill yang kualitasnya sedikit lebih rendah jika dibandingkan dengan japan drill. Jenis kain ini memiliki tekstur yang lebih lembut dan cukup menyerap keringat. Umumnya bisa digunakan untuk seragam organisasi, komunitas, maupun instansi yang membutuhkan seragam dengan kualitas cukup baik dan harga cukup terjangkau. Bahan ini best seller dalam pembuatan baju kerja dengan berbagai perpaduan desain kemeja kerja. Banyak sekali penyedia jasa konveksi baju misalnya sintesakonveksi.com memakai jenis bahan ini untuk pembuatan seragam kerja karena memang kualitas bahan american drill ini tidak perlu di ragukan lagi.

  • Twist drill

Bahan twist drill umumnya memiliki karakter tahan air dan warnanya tidak mudah kusam meski dikenakan di area panas terik. Jenis bahan yang satu ini memiliki serat kain yang cukup tebal dan perawatannya cukup mudah. Selain bisa digunakan sebagai bahan jaket almamater, jaket perusahaan, bahan ini juga bisa digunakan sebagai pakaian lapangan. Bordir yang dikenakan pada model bahan ini umumnya hanya bisa satu warna saja.

  • Tropical

Bahan kain tropical sangat lembut dan dingin di kulit. Umumnya digunakan sebagai bahan seragam indoor dan kualitasnya tidak kalah dengan bahan drill. Namun demikian, untuk bisa memproses seragam dengan bahan ini, Anda harus membayar harga yang cukup mahal, mengingat kualitas maupun kemewahan yang dihasilkan.

  • Kanvas
READ  Untuk Apa Harus Membuat Desain Kemeja Kerja Pria Yang Bagus?

Kanvas adalah bahan seragam yang merupakan perpaduan antara kain linen dan katun. Dari segi ketebalan, produk ini sering digunakan sebagai bahan jaket atau seragam kerja lapangan.

  • Castillo

Kain Castillo memiliki karakter hampir sama seperti kain katun dan drill, selain cukup menyerap keringat, warna kain Castillo yang kebanyakan cerah bisa digunakan untuk seragam indoor maupun outdoor.

  • Polyester

Bahan polyester adalah bahan perpaduan antara spandex dan katun. Bahan yang satu ini cukup elastis namun cukup panas saat dikenakan mengingat kainnya yang seratnya cukup tebal dan tidak menyerap keringat. Warna dari bahan polyester juga mudah luntur setelah proses pencucian maupun pengeringan berulang kali.