Ini Dampak Akibat Hujan Asam pada Kesehatan kita

Beberapa lokasi di Indonesia diasumsikan mengalami hujan asam. Hujan asam sebenarnya merupakan fenomena alamiah yang dapat merusak lingkungan serta material tertentu, seperti properti dan juga jalanan. Tentu tidak hanya itu, hujan asam juga berdampak pada kesehatan dan kebugaran individu.

Secara sederhana, hujan asam biasanya tampak seperti hujan. Yang mengidentifikasikannya adalah kandungan yang terkandung di setiap penurunan air. akan dibahas lebih lengkap di alamalami.com

Memperbaiki Penumpukan Hujan Asam

Hujan asam berkembang karena peluncuran sulfur dioksida (SO2) dan nitrogen oksida (NOX) ke langit di sekitar kita. Kedua obat ini dapat menumpuk di udara dan juga merespons dengan molekul air di udara untuk membuat hujan bersama dengan jumlah asam yang tinggi. Sederhananya, masing-masing tetesan hujan ini mengandung asam.

Sulfur dioksida dan nitrogen oksida sebenarnya diciptakan oleh aktivitas manusia sehari-hari, seperti asap dari mobil, pembangkit listrik, serta menggunakan arang sebagai energi listrik. Lebih jauh, letusan gunung berapi juga membantu visibilitas pasangan material ini di udara.

Pengaruh Hujan Asam pada Kesehatan

Curah hujan asam yang sebenarnya tercipta dari pencemaran langit akibat proses pembakaran minyak yang berasal dari mobil mekanik maupun produsen industri dapat berdampak pada kesehatan. Buah bit yang berasal dari hujan asam, terutama sulfur dioksida dan nitrogen oksida, memiliki pengaruh yang tidak baik bagi kesehatan Anda jika terkena dalam jumlah yang berlebihan atau bahkan dalam jangka panjang. Penelitian telah menemukan dokumentasi link web di antara peningkatan visibilitas ke senyawa ini dengan penyakit kardiovaskular dan masalah pernapasan.

Sedangkan polusi udara sendiri juga dapat berdampak negatif pada sistem tubuh, terdiri dari:

– Stroke.

– Masalah jantung.

– Kanker paru-paru.

– Penyakit pernapasan yang intens dan parah.

– Repot.

– Menyusahkan mata, hidung, dan tenggorokan.

Tim yang cenderung pada kondisi kesehatan langit seperti ini adalah anak-anak, orang tua, orang-orang yang bekerja di luar ruangan, dan individu dengan komplikasi bronkus atau jantung.

READ  Karakter Fiksi Di Novel Karya John Green Bakal Ubah Pandangan Kamu

Mengurangi Risiko Hujan Asam

Hampir semua tugas di masa sekarang ini memanfaatkan tenaga listrik dari pembakaran bahan bakar fosil, seperti gas alam, arang, dan minyak bumi. Saat ditumpahkan, bahan ini bisa berkembang menjadi sulfur dioksida serta nitrogen oksida.

Bahaya hujan asam dapat dikurangi dengan mengubah cara hidup Anda dalam menggunakan energi listrik. Faktor-faktor yang mungkin dapat Anda lakukan untuk menghemat energi, misalnya:

– Pemakaian perangkat rumah tangga seperti lampu, lemari es, sistem ac, dan juga mesin cuci yang menghemat listrik.

– Matikan semua jenis peralatan rumah tangga yang memanfaatkan daya listrik saat tidak digunakan.

– Gunakan angkutan umum saat hendak berwisata. Anda juga dapat dengan mudah mengatur pola atau berjalan-jalan jika area yang ingin Anda kunjungi dekat.

– Jika ingin memiliki mobil pribadi, pilihlah kendaraan yang hemat knalpot serta ramah lingkungan. Jaga baik-baik truk Anda.

Saat ini, Anda mungkin tidak merasakan efek merusak dari hujan asam pada kesehatan Anda. Namun, sebenarnya tidak ada yang tidak tepat untuk menghasilkan perubahan untuk menjaga kesehatan dan keawetan ekologis. Satu perubahan kecil dari Anda, menyiratkan banyak hal untuk bumi kita tercinta.