Hidup Berdamai Dengan Virus Corona?

Hidup Berdamai Dengan Virus Corona?

Hidup Berdamai Dengan Virus Corona?

Terkait Virus Corona, Penyataan yang dikeluarkan oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO) menjadi sebuah peringatan bagi seluruh masyarakat di berbagai dunia, mengenai penyebaran virus corona sekarang dan keadaan covid 19 ke depannya.

WHO mengatakan bahwa covid 19 jenis baru yang menyebabkan virus corona (Covid – 19) kemungkinan tidak akan pernah hilang, walaupun ada pengobatan melalui vaksin. Vaksin itu disebutkan berguna untuk mengendalikan virus, tetapi bukan untuk menghilangkan virus.

WHO pun juga menyatakan, bahwa mereka tidak yakin pada prediksi – prediksi akan berakhirnya covid 19. Penemuan vaksin ini tidak akan membuat virus corona sepenuhnya hilang, seperti layaknya campak walaupun ada vaksin yang telah ditemukan tetapi masih ada orang yang sampai sekarang terkena campak. Meskipun demikian, WHO menekankan tetap perlunya kontrol yang sangat ketat terhadap virus ini karena untuk upaya mengurangi risiko terjangkit covid 19.

Pernyataan yang disampaikan oleh WHO ini, mengingatkan kita akan pernyataan yang dilontarkan oleh Presiden Jokowi pada hari Kamis, 7 Mei 2019 lalu. Presiden Jokowi menyampaikan, masyarakat harus belajar berdamai dengan virus corona (Covid – 19) ini sampai dengan adanya vaksin ditemukan sampai beberap waktu ke depan.

Berbagai respons pun muncul di media sosial, menanggapi pernyataan yang dilontarkan oleh Presiden Jokowi dan juga WHO. Dimana mengenai, masyarakat harus hidup berdamai dengan Covid – 19. Tanggapan – tanggapan mengenai hidup berdamai dengan virus corona ini ramai di Twitter.

Cara Hidup Baru setelah Virus Corona

Pandu Riono Epidemologi Universitas Indonesia mengatakan, bahwa diperlukan cara hidup baru setelah selesainya pandemic covid 19. Karena, jika kita memang diharuskan hidup dengan virus. Berarti tandanya virus pun hidup bersama dengan oranglain yang kita tidak ketahui apakah orang tersebut terinfeksi atau tidak. Sehingga diperlukan cara hidup baru, jika memang virus ini tidak bisa menghilang.

Pandu mengingatkan, jka nantinya pandemi ini mereda tes akan covid 19 ini harus tetap terus dilakukan. Sehingga jika kedapatan ada yang positif, bisa segeran diisolasi, penelusuran kontak, dan ditangani.

READ  Celah Mudik Lebaran Saat Dilarang Pemerintah

Ia juga menambahkan, perlunya perilaku baru seperti memperbanyak tempat – tempat cuci tangan yang disediakan ditempat umum. Lalu menghindari kerumunan, dan pembiasaan terus menerus menggunakan masker, dan lain sebagainya. Dengan kata lainnya adalah “New Normal”, dimana kebiasaan – kebiasaan baru setelah kita menghadapi pandemi virus corona.

New normal life adalah merupaka strategi baru yang diterapkan selama belum ada ditemukannya vaksin atau obat anti virus corona. Sehingga adanya pembatasan jumlah kerumunan diadakan, melakukan screening setiap harinya, dan Batasan jarak antar individu.

Pasca pandemi ini, kemungkinan perjalanan dinas kantor atau pun pribadi akan dibatasi. Lalu anak – anak yang mengalami sakit batuk dan flu akan dilarang ke sekolah. Demikian juga berlaku untuk karyawan. Sehingga diprediksi, nantinya aka nada perbedaan secara signfikan cara orang memperhatikan kesehatan individu dan juga sekelilingnya