5 Tips Ampuh Anti Rugi Jualan di Marketplace

Salah satu contoh marketplace adalah Tokopedia

Salah satu contoh marketplace adalah Tokopedia

Apakah Anda familiar dengan nama-nama seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, atau BliBli? Nama-nama tersebut adalah beberapa contoh dari marketplace online. Intinya, marketplace tersebut menyediakan wadah untuk para pebisnis online untuk membuka toko online dan menawarkannya kepada pengunjung marketplace tersebut. Karena dirasa lebih mudah, saat ini banyak orang yang jualan di marketplace.

Jika Anda merupakan seorang pebisnis online dan hendak berjualan di marketplace, sebaiknya perhatikan hal-hal berikut ini. Banyak yang akhirnya gagal mendapatkan penjualan di marketplace karena mereka kurang memperhatikan hal-hal fundamental ini. Apa saja itu? Perhatikan ulasan berikut.

Tips Sukses Berjualan di Marketplace

Salah satu contoh marketplace adalah Tokopedia
Salah satu contoh marketplace adalah Tokopedia
  1. Utamakan kualitas

Prinsip utama dari berjualan sebenarnya adalah memberikan solusi kepada target pasar dengan produk milik kita. Oleh sebab itu, jika Anda ingin berjualan di marketplace, pastikan produk yang Anda jual benar-benar berkualitas dan mampu menyelesaikan masalah dari calon customer Anda. Ketika hal tersebut sudah terpenuhi, langkah berikutnya untuk melakukan penjualan akan menjadi lebih mudah.

  1. Tampilkan gambar produk sebaik mungkin

Ketika berjualan di marketplace, Anda akan menemui banyak sekali kompetitor yang menjual produk serupa dengan produk Anda, apalagi jika Anda adalah seorang reseller atau dropshipper. Oleh sebab itu, berikanlah setidaknya satu nilai tambah, contohnya adalah memberikan informasi produk dan juga foto produk yang berkualitas baik.

Cara tersebut bisa menaikkan kepercayaan calon customer kepada Anda karena mengira bahwa Anda serius untuk berjualan. Jangan unggah foto produk dengan pencahayaan yang kurang. Pastikan detail dari produk Anda terlihat jelas. Jika Anda menjual baju, usahakan desain baju Anda dapat dilihat secara jelas. Jangan lupa sertakan feature produk seperti bahan, manfaat, dan lain-lain.

  1. Gunakan copywriting yang unik

Kemampuan copywriting yang baik akan sangat membantu Anda menjalani persaingan di marketplace. Selain baik, copy yang Anda buat juga harus unik agar tidak sama dengan para kompetitor Anda. Jika perlu bangunlah personal branding yang kuat agar lebih mudah dalam menarik calon customer. Untuk menguasai kemampuan ini memang memerlukan banyak belajar. Namun, hasilnya juga tidak akan mengecewakan.

  1. Kata kunci yang tepat

Salah satu trik yang perlu Anda ketahui untuk berjualan di marketplace adalah pemilihan judul yang tepat. Judul Anda harus mengandung kata-kata yang paling sering dicari oleh calon konsumen Anda. Sebagai contoh, Anda menjual baju muslim pria. Maka, buatlah judul yang mengandung kata-kata tersebut seperti “Baju Muslim Pria Murah”. Jangan buat judul “Baju Murah” karena itu tidak akan terlalu efektif.

  1. Customer service

Jika Anda masih mandiri berjualan di marketplace dan belum memiliki tim, artinya Anda juga harus rela menjadi seorang customer service. Kecepatan tanggapan Anda terhadap pertanyaan yang diajukan calon customer akan menentukan tingkat konversi penjualan Anda. Jika Anda tidak bisa melayani seharian penuh, Anda bisa mencantumkan pemberitahuan di profil Anda seperti hanya melayani pada pukul 08.00-21.00 atau istirahat 30 menit ketika masuk waktu salat.

Kesalahan yang sering dilakukan banyak orang adalah mereka berjualan semaunya sendiri dan hanya melayani ketika sempat saja. Sebisa mungkin hindari sikap yang tidak baik seperti ini. Konsumen adalah prioritas Anda. Jadi, jangan sia-siakan mereka.

Demikianlah beberapa tips agar Anda bisa sukses untuk berjualan di marketplace. Pada intinya, berjualan di marketplace sama saja dengan membuka stand di mall atau pasar. Anda harus bisa menarik perhatian pengunjung pasar tersebut agar bisa membeli produk Anda. Yang membedakan hanyalah berjualan di marketplace adalah transaksi yang bersifat online.

Source : http://vaz.biz.id/